Apa Arti B2B, B2C, C2C, B2B2C, B2G dan B2E Dalam E Commerce?

Apa Arti B2B, B2C, C2C, B2B2C, B2G dan B2E Dalam E Commerce?
Apa Arti B2B, B2C, C2C, B2B2C, B2G dan B2E Dalam E Commerce? - Jika anda melihat judul artikel diatas pasti awalnya anda mengira kalau itu adalah rumus kimia seperti H2O, namun sebenarnya bukan. B2B, B2C, C2C, B2B2C, dan B2E adalah singkatan singkatan atau istilah yang sering digunakan dalam dunia e commerce. Lalu apa saja kepanjangannya dan pengertiannya?

Berikut ini adalah penjelasan apa arti B2B, B2C, C2C, B2B2C, dan B2E dalam e commerce?
  1. B2B, Business to Business
  2. Artinya adalah transaksi antara pemilik usaha yang satu ke pemilik usaha yang lain, atau lebih mudahnya adalah transaksi antarperusahaan.

  3. B2C, Business to Consumer
  4. Artinya adalah kegiatan ecommerce yang dalam prosesnya melibatkan antara penjual dan pembeli. Contoh umumnya adalah toko online yang dimana pembeli memesan produk, kemudian mentransfer sejumlah uang, kemudian menerima kiriman dari perusahaan tersebut.

  5. C2C, Consumer to Consumer
  6. Artinya disini adalah konsumen yang menjual barangnya melalui pihak lain agar bertemu dengan konsumen atau pembeli baru. Biasanya merupakan barang bekas yang dijual secara lelang yang diiklankan dalam batas waktu tertentu.

  7. B2B2C, Business to Business dan Business to Consumer
  8. Penjelasannya, merupakan campuran dari B2B dan B2C dimana kegiatannya berupa perusahaan tidak hanya menyediakan produk atau jasa mereka untuk perusahaan lain, melainkan juga disediakan untuk consumer atau pembeli.

  9. B2G, Business to Government
  10. Penjelasannya, hampir serupa dengan B2B namun pihak yang diajak kerja sama dalam hal ini adalah pemerintah dalam melengkapi ketersediaan produk atau jasa yang biasanya dilakukan secara tender.

  11. B2E, Business to Employee
  12. Penjelasannya, merupakan layanan yang disediakan oleh suatu perusahaan untuk karyawannya atau pekerjanya. Sebagai contoh, untuk mempermudah proses kepegawaian seperti proses cuti atau ijin kerja yang menggunakan formulir online yang harus diisi.