5 Macam E Commerce di Indonesia

5 Macam E Commerce di Indonesia
5 Macam E Commerce di Indonesia - Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang tidak pernah ketinggalan untuk urusan teknologi meski kecepatan internet Indonesia sebelumnya tidak sebaik sekarang. Namun, pemanfaatan jaringan internet dan elektronik di tanah air ini cukup mendapatatkan respon positif dengan munculnya berbagai kegiatan perekonomian yang dilakukan secara elektronik atau sering juga disebut sebagai e commerce.

Lalu apa saja jenis jenis e commerce yang ditemui di Indonesia sejauh ini? Berikut ini adalah pembahasannya.
  1. Classfield atau Daftar Iklan Baris
  2. Periklanan adalah salah satu sumber pemasukan yang besar bagi pemilik situs situs internet seperti situs berita atau situs belanja. Jenis yang satu ini paling banyak ditemui di Indonesia.

  3. Marketplace Consumer to Consumer (C2C)
  4. Jenis C2C ini juga menjadi salah satu yang banyak ditemui di Indonesia dimana sebuah situs mempersilahkan pengunjung untuk menawarkan barang dagangannya serta membeli di situs tersebut dengan membuat akun anggota dari situs tersebut. Tak menepis juga bahwa barang secondhand juga cukup ramai diperjual belikan.

  5. Shoppping Mall
  6. Bentuk shopping mall ini ditemui di Indonesia, cirinya adalah situs belanja yang menjajakan barang barang yang merupakan barang jualan dari suatu toko tertentu yang berkumpul di situs belanja tersebut.

  7. Toko Online
  8. Toko Online ini termasuk B2C atau Business to Consumer dimana toko yang sebelumnya hanya menjual barangnya sambil menunggu pembeli datang namun sekarang membuat situs sendiri sehingga pemebli bisa memesannya langsung dan transaksi melalui online banking.

  9. Sosial Media Shop
  10. Sosial Media Shop adalah salah satu yang paling mudah ditemui karena hampir atau dapat dipastikan bahwa di setiap sosial media tertentu anda akan menemukan pengguna lain yang memanfaatkannya sebagai tempat berjualan.