Alasan Bisnis C2C Populer Di Indonesia

Alasan Bisnis C2C Populer Di Indonesia
Alasan Bisnis C2C Populer Di Indonesia - E commerce adalah segala aktifitas ekonomi yang menggunakan media elektronik sebagai salah satu faktornya. Namun seperti yang diketahui bahwa salah satu e commerce yang populer di Indonesia adalah C2C atau Consumer to Consumer dimana konsumen non perusahaan menjual produknya ke konsumen lain. Berikut beberapa alasan yang mungkin.
  1. Ingin Berwirausaha
  2. Meskipun hanya menjadi reseller atau pun dropship seller, masyarakat Indonesia tertarik untuk berwira usaha sendiri. Beberapa ada yang menjadikannya pekerjaan utama namun ada juga yang hanya dijadikan pekerjaan sambilan.

  3. Pangsa Pasar Masih Sangat Terbuka
  4. Pangsa pasar di Indonesia masih sangat terbuka lebar. Mungkin belum ada separuh dari pengguna smartphone yang memanfaatkan situs e commerce dalam membeli produk barang maupun jasa salah satunya C2C yang tidak memerlukan modal besar.

  5. Barang Yang Dijual Hasil Produksi Wirausaha Kecil Menengah
  6. Barang yang diproduksi dan dipasarkan melalui C2C biasanya merupakan hasil produksi usaha kecil menengah yang kesulitan untuk memasarkan produknya. Selain karena belum memiliki brand yang kuat, pemasarannya juga hanya sebatas daerah lokal saja sehingga akan sangat terbantu bila ada sistem reseller atau dropshipper yang menjual kembali.

  7. Pasar Barang Bekas
  8. Selain produk barang baru, barang bekas atau secondhand product juga masih diminati sehingga banyak situs e commerce yang memanfaatkan hal ini.