Bagaimana E Commerce Bekerja? Berikut Penjelasannya

Bagaimana E Commerce Bekerja? Berikut Penjelasannya - Di jaman dimana informasi berterbangan begitu cepat ini sepertinya membawa banyak perubahan di berbagai aspek kehidupan kita, salah satunya adalah ekonomi. Jika dulu kita ingin membeli sesuatu, kita harus pergi ke tokonya dengan membawa sejumlah uang lalu membayarnya. Jika harga dari produk tersebut sangatlah besar sehingga tidak mungkin menggunakan uang cash, maka kita akan menggunakan cek yang harus dilakukan konfirmasi ke bank dan lain lain. Namun berkat kecanggihan teknologi, semua itu berubah, dan sering pula disebut sebagai e commerce, namun bagaimana e commerce bekerja? berikut ini adalah penjelasannya.

Bagaimana E Commerce Bekerja? Berikut Penjelasannya

Yang membedakan antara e commerce dengan perdagangan konvensional hanyalah pada keterlibatan teknologi atau komputer saja. Selain itu semuanya memiliki faktor yang sama yang meliputi:
  1. Mengolah data mentah menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan bersama oleh pelaku bisnis dan konsumen
  2. Mendistribusikan data atau informasi tersebut secara cepat dan efisien ke seluruh komponen bisnis yang membutuhkan
Sedangkan aplikasi yang digunakan untuk pemanfaatan e commerce kurang lebih sama, yakni sebagai jembatan untuk menghubungkan antara penjual dan pembeli, antara pemasang iklan dan target iklan serta yang lain lain. Jika pembeli berminat, maka akan terjadi proses transaksi yang akhirnya bisa berupa pembelian secara konvensional dengan datang ke tokonya langsung meski karena melihat iklannya di website atau disebut juga sebagai standard order atau pembeli juga dapat melakukan pembelian secara online yakni online orders.